Persoalan Balas Membalas Ini..


Saya adalah salah satu orang yang tidak setuju dengan ungkapan “Balas kejahatan dengan kebaikan“, kalau kejahatan dibalas dengan kebaikan, terus kebaikan dibalas dengan apa dong?

Bukan berarti kejahatan harus dibalas dengan kejahatan loh.

Misalnya pacar kamu selingkuh, apa yang akan kamu lakukan? Bales selingkuh? Usually I will say yes to this. Saya menerapkan prinsip ini most of the time sampai ada teman saya yang bilang “Lantas apa bedanya kau sama dia?

Dang, man! Bener juga. Saya ga mau sama dengan si empunya kejahatan itu. Saya ga mau sama dengan si tukang selingkuh. Saya ga mau sama dengan si licik. Saya ga mau sama dengan si egois. Saya ga mau sama dengan si penghianat. Hanya karena mereka melakukan itu kepada saya bukan berarti saya harus menjadi serendah mereka.

Kalau pacar kamu selingkuh? Putusin.

Kalau temen kamu berbuat salah? Tegur saja.

Membalas perbuatan mereka hanya akan membuat kamu sama jeleknya dengan mereka. Saya jelas gamau disamakan dengan, katakanlah, si momon yang gatel itu.

So the question remain, dengan apa kita membalas kejahatan kalau bukan dengan kebaikan dan bukan pula dengan kejahatan?

Keadilan.

Balas kebaikan dengan kebaikan dan kejahatan dengan keadilan – Konfusius

Or even better, maafkan saja. Josh Billings once said, “There is no revenge as complete as forgiveness“. Apalagi ketika balas dendam kamu bukan hanya menyakiti si target, tapi juga menyakiti kamu dengan sama sakitnya. Easy to say but hard to do, indeed, tetapi memberi maaf kepada orang lain adalah memberi hadiah kepada dirimu sendiri. The expensive one.

Bagaimana tidak, happier you, lighter you, iya tidak?

Hey kamu teman yang berkhianat, saya siap memberi diri saya sendiri hadiah mahal itu, saya siap memaafkan kamu.

Be a better me ♡

Leave a Reply

