Fun Card Games


Saya dan teman-teman penggemar berat permainan kartu. Setiap jalan, pasti selalu sedia kartu di tas. Biasanya kita nyediain dua kartu, kartu remi dan kartu UNO. Permainannya pun macam-macam, dari mulai permainan serius macam capsa, poker, seven scoop, sampe permainan gak jelas macam main babi, boong, nama, dan banyak deh yang aneh aneh. Kalau permainan serius mungkin udah dikenal luas kali ya, tapi kalo permainan gak jelas asal muasalnya ini?

Hehehe buat yang lagi nongkrong-nongkrong boleh nih dijadiin referensi. Cukup satu pak kartu remi, semua permainan gak penting dibawah ini bisa dimainkan. Cekibrot bro..

1. Tepok Nyamuk

Jumlah pemain: Bebas, makin banyak makin ga jelas.

Jumlah Kartu: Satu pak kartu remi

Yang dibutuhkan: Kejelian mata, ketangkasan tangan, kekejaman dalam menepok tangan lawan *show no mercy!*

Cara main:

Bagikan kartu secara tertutup kesemua pemain hingga kartu habis. Pemain mengambil kartu yang dibagikan dan tetap membiarkannya tertutup. Pemain membuka satu per satu kartu secara bergantian mengikuti putaran lingkaran. Sembari membuka kartu, pemain nyebutin kartu berurutan, misalnya: as, dua, tiga, empat… sepuluh, jack, queen, king, as, dua… begitu seterusnya. Apabila yang disebut sama dengan kartu yang keluar maka pemain berebutan menepok kartu tersebut, yang tangannya paling atas alias yang nepoknya paling lambat mengambil semua kartu yang udah dibuka. Ulangin terus sampe ada yang kartunya udah abis, atau sampe tersisa satu pemain yang belom abis kartunya, terserah aja, semuaknya aja sih, kalo udah muak yaudah enceng, hahaha.

2. Boong

Jumlah pemain: Semakin banyak semakin muak mainnya ga selesai selesai hahaha

Jumlah Kartu: Satu pak kartu remi

Yang dibutuhkan: Poker face, keahlian menipu, dan kehandalan menghapalkan kartu apa aja yang udah keluar dan diambil lawan.

Cara main:

Bagikan kartu sampe habis. Kartu boleh dilihat oleh pemain. Pemain bermain bergantian berdasarkan putaran lingkaran, kayak biasa lah. Pemain mengeluarkan sejumlah kartu dalam keadaan tertutup kemudian berbohong (atau boleh jujur juga gapapa) tentang kartu itu. Misalnya saya mengeluarkan 3 kartu tertutup dan bilang “3 kartu Jack”,  pemain disebelah saya bisa memilih untuk percaya, tidak percaya, atau menambahkan. Kalau memilih untuk percaya, berarti lanjut ke pemain selanjutnya yang juga boleh memilih 3 option tersebut, kalau memilih tidak percaya pemain dipersilahkan membuka kartu, kalau ternyata benar 3 kartu Jack maka pemain yang tidak percaya mengambil kartu tersebut, kalau ternyata salah, maka pemain yang berbohong mengambil kartu tersebut. Pemain juga bisa memilih menambahkan kartu misalnya, “tambah 1 Jack” sambil meletakkan satu kartu tertutup, nah kalau menambahkan, pemain selanjutnya dikasi 3 option yang sama lagi, tapi hanya berlaku untuk kartu baru yang ditambahkan. Misalnya si pemain selanjutnya memilih tidak percaya, maka kartu dibuka, misalnya satu kartu yang ditambahkan bener Jack, berarti pemain yang tidak percaya mengambil keempat kartu, meskipun 3 kartu pertama yang diletakkan bukan 3 buah kartu Jack.

Setelah ada pemain yang mengambil kartu, permainan dimulai kembali dari pemain yang terakhir meletakkan/menambahkan kartu.

Apabila seorang pemain meletakkan kartu dan satu putaran permainan tidak ada pemain yang menambahkan/tidak percaya (dengan kata lain, semua pemain percaya), maka kartu itu disingkirkan (tidak dimainkan lagi) tanpa dibuka. Dan permainan dimulai kembali dari pemain yang meletakkan kartu terakhir kali.

3. Babi

Jumlah Pemain: Bebas, makin banyak makin gak genah.

Jumlah Kartu: Set 4 kartu yang sama, sebanyak jumlah pemain. Misalnya ada 5 pemain, maka jumlah kartu yang dipakai adalah  5 jenis angka/gambar kartu masing masing 4 lembar (4 lembar kartu 2 hati-sekop-keriting-lupis, dan seterusnya sampe ada 5 set), berarti 4×5 lembar kartu. Kartu yang dipakai terserah, usahakan yang most likely ketuker pas diliat, misalnya kartu Jack, Queen, King, atau kartu As dan Dua.

Yang dibutuhkan: Kecepatan gerak badan, kreativitas membuat gerakan, determinasi yang tinggi untuk menang.

Cara bermain:

Kocok kartu dan bagikan kesetiap pemain, masing masing pemain memegang 4 kartu. Setiap pemain memilih satu kartu dan letakkan/berikan ke pemain disebelahnya kirinya dan mengambil kartu yang diletakkan oleh pemain disebelah kanannya. Lakukan hal ini bersamaan dan serentak. Kartu akan terus berputar hingga ada pemain yang memiliki empat kartu yang sama, pemain yang pertama kali mendapatkan 4 kartu yang sama meletakkan kartu dalam keadaan terbuka dan membuat suatu gaya yang harus ditirukan oleh pemain yang lain, pemain yang terakhir menirukan gaya jadi babi. Tingkatan babi pemain terus meningkat, dari babi 1, 2, 3 sampai babi 5. Pemain yang pertama kali jadi babi 5 kalah.

Babi hanya boleh berbicara ke sesama babi, kalau ada pemain yang belum jadi babi bicara sama pemain babi, pemain tersebut berubah jadi babi, waspadalah.

Babi boleh menipu, misalnya dia belum punya 4 kartu yang sama tapi pura pura meletakkan kartu dan menirukan gaya. Semua pemain yang tertipu dan menirukan gayanya berubah jadi babi atau naik tingkatan babinya.

Seru engganya permainan tergantung seberapa kreatif gaya yang dibuat dan seberapa “niat” pemain menirukan gaya tersebut.

4. Nama

Jumlah Pemain: Semakin banyak semakin seru

Jumlah Kartu: Satu pak kartu remi

Yang dibutuhkan: Daya ingat kuat, nama nama aneh yang susah diingat.

Cara bermain: Cari nama dan perkenalkan namamu kepada pemain lain. Bagikan kartu hingga habis. Pemain memegang kartu dalam keadaan tertutup. Pemain bergantian membuka kartu, jika ada kartu yang sama, kedua pemain harus menyebut nama pemain lawannya, siapa yang terlambat menyebutkan mengambil kartu lawan dan kartunya sendiri yang sudah dibuka. Kartu yang dilihat adalah kartu yang paling terakhir dibuka. Apabila salah menyebutkan nama, ulangi hingga benar. Jika nama yang disebut adalah nama pemain lain, ambil juga kartu yang sudah dibuka pemain tersebut. Ulangi permainan, dimulai dari pemain yang mengambil kartu. Pemain yang kartunya duluan habis menang.

5. Cepekan

Jumlah Pemain: Terserah

Jumlah Kartu: Satu pak kartu remi

Yang dibutuhkan:Kecepatan berhitung, ketepatan timing ngeluarin kartu, hoki.

Cara bermain:

Bagikan kartu hingga habis. Pemain membuka kartu secara bergantian sambil menghitung jumlah kartu. Misal pemain satu mengeluarkan kartu 5, pemain dua mengeluarkan kartu 3 sambil menyerukan “delapan”, begitu seterusnya. Kartu As dihitung sebagai 1, kartu bergambar dihitung sebagai 10. Ada beberapa kartu khusus yang disebut kartu aksi, yakni: Jack, dihitung sebagai -20 atau +20, terserah pemain. Delapan, mengeluarkan kartu empat berarti reverse, putaran permainan jadi berlawanan arah. Empat, mengeluarkan kartu ini berati pemain bebas menunjuk pemain yang akan jalan berikutnya. King, kartu ini berarti 100. Sampai berapapun hitungan kartu akan otomatis menjadi 100.

Hitungan kartu tidak boleh melebihi 100, apabila pemain tidak bisa mengeluarkan kartu yang menyebabkan nilai kartu pas 100 atau dibawahnya, serta tidak mempunyai kartu aksi, pemain tersebut kalah. Pemenang adalah yang bertahan paling akhir.

Kebayang ga serunya kayak apa?? Hahaha yang jelas seru banget deh, jamin. Kalo belom kebayang nih ada video anak kosan gue lagi main babi ujan ujan.

http://www.facebook.com/v/1054615851005

Goblok kan?? Wkwkwkwk

Bagian yang paling seru adalah ngerjain yang kalah! Biasanya berupa dare atau tantangan. Saya sendiri udah pernah ngajak kenalan cowok orang yang lagi pacaran, fotoan sama tukang nasi goreng, ngamen ke orang yang lagi ngumpul di warung, macem macem deh. Emang ngumpul ngumpul ga lengkap deh kalo ga main kartu! Hihihihii~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s