Inception



“Insanely Brilliant ! Nolan has outdone himself !!”

This movie was written and directed by Christopher Nolan. It is a must see! It’s about multidimentioning and those kind of things. Uber cool! Seriously guys, I was like “wow”, I mean like “really, wow!” after I’ve seen this movie. No wonder here though, film Nolan sebelumnya, Batman the Dark Knight juga keren mampus gitu kan. Film ini dibintangi oleh Leonardo Dicaprio as Cobb (I seriously love him!). There are also Tom Hardy, Joseph Gordon-levitt, and Ellen Page.

Dom Cobb (Leonardo Dicaprio) adalah pencuri yang terampil, yang terbaik dalam seni berbahaya ekstraksi, mencuri rahasia berharga dari dalam pikiran bawah sadar di alam mimpi, yakni waktu ketika pikiran yang paling rentan. Kemampuan langka Cobb tidak hanya membuatnya menjadi pemain bergensi di dunia baru berbahaya dari spionase koorporasi, tetapi juga membuatnya menjadi buronan internasional dan mengorbankan segala sesuatu yang pernah dicintainya. Ketika sedang menjalankan sebuah misi, tak disangka sang target dari misi tersebut, Saito, menawarkan Cobb dan tim spesialisnya pekerjaan yang tidak biasa. Yakni bukan sekadar mencuri rahasia dari alam pikiran, namun menanamkan benih pemikiran kedalam seseorang melalui alam mimpi, yang disebutnya sebagai “Inception”. Saito menawari Cobb kesempatan untuk penebusan dan berjanji mengembalikannya ke kehidupan lamanya, kembali ke anak-anaknya. Satu pekerjaan terakhir bisa memberikan hidupnya kembali tetapi hanya jika dia bisa mencapai awal-mustahil. Jika mereka berhasil, itu bisa menjadi kejahatan yang sempurna. Tapi tidak ada jumlah perencanaan hati-hati atau keahlian dapat mempersiapkan tim untuk musuh berbahaya yang tampaknya untuk memprediksi setiap gerakan mereka.

*Leo fit Dom Cobb just perfectly*

Okay, if you don’t want to spoil it, stop reading right here, because after this there will be too much information. Hehe I just can’t help to babble about it, I was so amaze! Hahaha.. Sumpah keren banget!

Pertama, sebelum melakukan insepsi, mereka harus merancang alam mimpi yang akan digunakan. Dengan suatu alasan, Cobb menolak menjadi designer dari alam mimpi tersebut, maka ia pun meminta tolong kepada mertuanya yang adalah seorang profesor di suatu universitas dan juga ahli di bidang design, mertuanya kemudian merekomendasikan seorang mahasiswi cerdas jago arsitektur bernama Ariadne (Ellen Page). Tim spesialis Cobb terdiri dari alchemist yang menciptakan obat tidur yang kuat yang mencegah mereka terbangun dari mimpi, Eames dan Yusuf, serta Saito dan Arthur. Maka berenam mereka pun merancang suatu plot untuk menanamkan pemikiran Robert Fischer,Jr. Pemikiran yang hendak ditanamkan adalah bahwa Fischer harus menghancurkan kerajaan bisnis yang di bangun ayahnya, dengan memanfaatkan hubungannya dengan ayahnya dan dengan Pamannya, Browning, yang juga merupakan tangan kanan ayahnya.

The plot is awfully fascinating! Mereka merancang 3 layer mimpi. Mimpi di dalam mimpi, mimpi didalam mimpi didalam mimpi. Dream within a dream. To see how they creating the dream world, yang dirancang sedemikian rupa sehingga terlihat seperti labirin yang definit bagai tanpa ujung, kereeen. Nantinya mereka semua akan dibawa kealam mimpi Cobb yang mana rancangannya dibuat oleh Ariadne. Entah kenapa Cobb menolak mengetahui detil labirin mimpi, ternyata ada rahasia yang tidak diketahui oleh anggota timnya yang laen selain Ariadne yang mengetahuinya setelah beberapa kali berbagi mimpi dengan Cobb.

*one of the coolest scene*

I don’t want to spoil it too much, singkat kata, segera setelah mereka masuk kedunia mimpi dan membawa serta Fishcer kedalamnya, mereka berhadapan dengan alam bawah sadar Fishcer yang mengambil wujud tentara bersenjata. Mereka pun menjalankan misi dengan menakhlukkan satu masalah demi masalah lain. Normalnya, ketika kita bermimpi dan terbunuh dalam mimpi itu maka kita akan terbangun. Namun untuk menjalani misi ini they dose them selves dengan such a powerful obat tidur, so they must not get them selves killed, or they will be sent to the Limbo, yakni mimpi yang tak terbatas dimensi waktu. If you trapped there, it can be forever. Mimpi anda bisa menjadi berubah menjadi kenyataan anda. Scary, huh. Untuk itu mereka menyiapkan kicker atau tendangan yang akan mengembalikan mereka kedunia nyata, yang timingnya di set agar sesuai dengan waktu bangunnya mereka dari tidur. Sebenarnya kicker ini just something to get they killed aja sih.

*Totem-nya Dom Cobb, Originally belong to Mal, his wife*

Dan the dreamer biasanya punya sesuatu yang disebut totem, yakni sesuatu yang menandakan apakah mereka sedang bermimpi atau sudah terbangun. Sometimes, reality get mix up with the dream they’re create. Makanya itu juga tidak disarankan merancang mimpi dari memori, because you’ll get confuse at some point. Nah totemnya si Cobb ini adalah kayak semacem gasing, yang mana kalau di putar di dunia nyata, gasing itu akan berhenti berputar at some point, tapi dalam mimpinya gasing ini akan berputar terus.

Ternyata Cobb menyetujui mengambil tugas ini karena sebelumnya ia sudah pernah melakukan insepsi pada istrinya sendiri, yang menyebabkan istrinya membunuh dirinya sendiri. Ternyata Cobb tidak mampu membuang istrinya dari mimpi-mimpi yang dia ciptakan. Mal, istrinya, selalu berusaha membuat Cobb terjebak di dunia mimpi bersamanya, sebab ia mengira dunia mimpi itulah yang nyata. Inilah alasan Cobb tidak ingin mengetahui labirin mimpi yang dibuat Ariadne, sebab Mal juga akan mengetahuinya dan dapat menggagalkan rencana mereka.

*Mal, Cobb’s wife*

Singkatnya, misi sukses dijalankan. Pikiran berhasil ditanamkan. Mereka sama-sama terbangun di kursi pesawat menuju ke L.A tepat seperti sebelum mereka memasuki dunia mimpi. Akhirnya Cobb pun berhasil kembali ke anak-anaknya. Nah ini dia yang bikin geregetan mampus! Sebelum Cobb nyamperin anak-anaknya dia memutar totem tersebut, kamera pun close up ke putaran totem itu. Putaran totem terlihat seperti akan berhenti, and just when we are about to see if it is going to stop the screen fades black! Siaaaaall!! Jadi sebenarnya mereka itu berhasil kembali ke dunia nyata ga sih?? Penasaraaaaaaaan, damn you briliant Christopher Nolan! Grrrr..

Kalau mau spoiler yang lebih lengkap lagi, baca aja disini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s