[mitos!] Pemakaian AC dan Kulkas merusak Ozon?


siklus refrigerant

Kita tentu sering mendengar mitos seperti ini, bahwa pemakaian AC dan Kulkas dapat merusak ozon. Sebenarnya ini pernyataan yang salah. Yang benar, lepasnya Circulated Refrigerant (atau lebih dikenal dengan nama merk-nya : Freon) ke udaralah yang dapat menyebabkan rusaknya lapisan ozon. Freon ini sendiri tidak akan lepas ke udara apabila tidak terjadi kebocoran pada perangkat anda. Normalnya, freon hanya akan berputar-putar dalam suatu siklus. Untuk lebih jelasnya, saya akan memaparkan sedikit tentang cara kerja sebuah Air Conditioning.

Bagian-bagian AC:

1. Evaporator
Tempat terjadinya evaporasi. Bagian evaporator pada AC menghadap kedalam ruangan yang ingin (dalam hal ini) didinginkan. Disini terdapat freon yang bersuhu 10derajat, sementara suhu didalam ruangan (normalnya) 27derajat. Sesuai dengan hukum fisika, maka udara panas dari dalam ruangan berpindah kedalam evaporator, sehingga Freon yang tadinya berwujud cair dan gas berubah wujud menjadi seluruhnya gas (dengan suhu tetap 10derajat) -disebut juga proses evaporasi-

2. Kompresor
Freon yang berwujud gas kemudian dinaikkan tekanannya dengan cara memepatkan (kompresi). Suhu freon pun ikut naik seiring dengan naiknya tekanan, sesuai dengan rumus:
PV = nRT
*tekanan berbanding lurus dengan temperatur*

3. Kondensor
Kondensor diletakkan diluar ruangan (menghadap ke lingkungan) Suhu didalam kondensor (freon yang telah dikompresi) lebih tinggi dari suhu di lingkungan (biasanya) 30derajat. Sehingga terjadi kebalikan dari peristiwa pada evaporator, suhu panas pada kondensator dibuang ke lingkungan. Freon kembali kewujud cair.

Ada 3 jenis Kondensator berdasarkan cara pelepasan panasnya ke lingkungan:

  • Naturally air-cooled Condensor

Pelepasan panas ke lingkungan praktis karena perbedaan suhu. Misalnya kulkas. Oleh karena itu sebisa mungkin hadapkan bagian belakang kulkas ke lingkungan yang bersuhu rendah (misalnya ditaruh di dinding kamar mandi), dan jangan menempel rapat pada dinding.

  • Forced air-cooled Condensor

Pelepasan panas dengan cara memaksa udara panas dalam kondensor keluar ke lingkungan. Misalnya AC. Pada kondensor AC terdapat kipas yang memaksa hawa panas keluar ke lingkungan.

  • water-cooled condensor

Pelepasan hawa panas pada kondensor dengan meletakkan kondensor di air (yang suhunya lebih rendah dari kondensor) sehingga hawa panasnya berpindah. Contohnya pada pabrik-pabrik es.

4. Expansion Valve
Freon dalam bentuk cair diturunkan tekanannya sehingga suhunya pun turun. kemudian Freon akan kembali melewati tahap Evaporasi di evaporator.

Begitulah siklus tersebut terus berulang hingga tercapai suhu yang diinginkan. Freon tersebut akan terus berputar mengikuti siklus tersebut. Selama tidak terjadi kebocoran, maka penggunaan kulkas dan AC dirumah anda tidak akan merusak ozon:)

Untuk itu yang harus kita lakukan untuk menjaga lingkungan adalah merawat peralatan kita dan menggunakannya dengan benar sehingga refrigerant tahan lama -tidak perlu ganti freon- dan tidak terjadi kebocoran.

*berdasarkan kuliah Pengukuran dan Catu Daya oleh Porman Pangaribuan, Selasa, 22 Desember ’09*

[indira]

Advertisements

One thought on “[mitos!] Pemakaian AC dan Kulkas merusak Ozon?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s