Ayo menulis!


menulis ayo menulis

“Menulislah, karena kalau tidak kau akan terlempar dari pusaran sejarah”

[Pramoedya Ananta Toer]

Saya suka suka suka suka sekalii menulis :)

Hmm .. mulai nulis sih udah dari lama. SMP mungkin. Waktu itu koleksi banget dah buku-buku Khalil Gibran. Sampe-sampe waktu ulang tahun, pacarku (waktu SMP) waktu itu ngasi buku “Great Works of Khalil Gibran” yang tebalnya najong dan in english giitu , hahaha, sampe sekarang masi aku simpen :)

Saya juga punya banyaaaaak bgt diary dari yang formatnya kae scrapbook sampe yang kae agenda biasa. Biasanya aku tempel2in gambar dan dicoret2 sendiri pake spidol. Lucu lucu! Kesannya beda aja kalo ditulis pake tangan. Lebih berasa feelnya :p Kalo lagi sedih ato males tulisannya jelek, ato kadang ada bercak bekas aer matanya juga, weks, kalo dibaca2 ulang bisa bikin senyum2 sendiri, hihihi..

Waktu itu tulisan aku bentuknya cuma puisi, haha, sampe sekarang sih. Cuma inget banget, dulu nulis puisi pake acara googling dolo :p Pake kata2 sulit kae freya *dewi yunani gt, trus apaa lagii gitu. Pokoknya searching kata2 yang bunyinya eksotis trus di matching2in dalam kalimat, hehe, puisinya jadi berbau2 Khalil Gibran gitu deh :p

Kalo dibandingin sih kayaknya masii bagusan puisi2 yang saya buat dulu deh daripada sekarang. Tapi bedanya sekarang tulisan saya sudah berbau “saya” :) udah gak pake googling lagi deh kalo mau nulis, hihihi..

Tapi kalo diperatiin tulisan2 saya ada polanya gitu deh. Pasti diawali dan diakhiri dengan judul puisi itu, trus disetiap paragraf baru juga selalu (biasanya) dimulai dengan judul.. Is that a bad thing? Gak tau juga siih. Yang jelas bukan disengaja. Meskipun kesannya jadi biasa banget, tapi saya senang karena tulisan saya sudah berbau “saya” dan hanya “saya”.

Hmm saya mau ngasih, yaa bukan tips kali yaa. Tips cocokya dikasi sama yang pro dan saya belom pro. Mungkin lebih ke, langkah2 yang saya lewati selama ini sebagai (org yang kepengen jadi) penulis, hehehe..

1. Banyak-banyak baca karya orang lain

Inilah awalnya. Biasanya kalo saya sih, abis baca2 karya orang pasti bawaannya jadi pengen nulis! hehe..

2. Buat tulisan apapun

Yang berbau jiplak pun gak papa (asal jangan dipublish aja, nanti malaa melanggar hak cipta pula). Biasanya kalo awal2 menulis seringnya tulisan kita jadi mirip2 sama karya orang yang suka kita baca.

3. Terus menulis, lagi dan lagi

Dan lama-lama kamu akan menemukan gaya tulisan kamu sendiri..

Begitulah :) Intinya jangan ragu buat menulis. Biarin aja jelek. Isi blog saya juga jelek semua kok, hehe..

Happy Writing, everyone!

Advertisements

2 thoughts on “Ayo menulis!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s