Aliansi Mahasiswa


Essay ini saya buat untuk diserahkan sebagai syarat pendaftaran BEM KBM IT Telkom. Waktu itu saya mendaftar di Departemen Luar Negeri dan diterima sebagai staff Dirjen Aksi dan Propaganda, kabinet Sahabat Terindah. Essay ini dibuat dengan membaca cepat beberapa artikel, menggabungkan ide-ide tersebut dengan pandangan saya sendiri. Sekali lagi masih awam, hehe, mudah-mudahan isinya bermanfaat. :)

nDy, Si aktiVis dEmOooAliansi Mahasiswa

Pergerakan mahasiswa sudah lama eksis di Indonesia. Sebagian besar pergerakan mahasiswa telah menjadi cikal bakal perjuangan nasional. Aliansi-aliansi mahasiswa sejak zaman dahulu telah berhasil menjadi motor penggerak revolusi. Dari mulai merebut kemerdekaan, hingga menjatuhkan rezim Suharto, yang pada awal kenaikan rezimnya sudah menumbalkan ratusan ribu nyawa. Eksistensi mahasiswa ini menjadi sangat penting, sebab pergerakannya hampir selalu mengusung kepentingan rakyat. Menurut Bung Hatta, perguruan tinggi adalah Republik Berfikir Bebas, dengan mahasiswa sebagai rakyat negerinya. Melarang pergerakan mahasiswa sama saja melarang rakyat mengekspresikan aspirasinya. Mahasiswa adalah rakyat. Lebih dari itu, mahasiswa adalah pejuang rakyat dan rakyat pejuang. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab mahasiswalah selaku kaum intelektual bangsa untuk menjalankan fungsi kontrol sosialnya, untuk ikut terlibat secara aktif dalam menciptakan skenario-skenario perubahan bangsa dan negara menuju ke arah yang lebih baik.

Sayangnya, pergerakan mahasiswa yang sekarang tidak se-solid dahulu. Banyak langkah-langkah yang diambil hanya untuk menonjolkan eksistensi kampusnya masing-masing. Terlebih lagi, banyak aksi-aksi anarkis atau cenderung anarkis yang dilakukan atas nama rakyat. Mahasiswa seharusnya berpihak pada rakyat. Dan aksi anarkis tidak mencerminkan keberpihakan mahasiswa pada rakyat. Pengetahuan ilmiah tanpa didukung oleh tingkah laku sama saja nol besar. Pada dasarnya untuk itulah dibentuk organisasi kemahasiswaan, untuk mengembangkan karakter dan sebagai upaya pencerdasan. Mahasiswa seharusnya meninjau kembali tujuan awal dan esensi dari pergerakannya, yakni untuk mengedepankan mahasiswa dalam pergerakan nasional. Untuk itu,  mahasiswa harus sinergis dan efektif dalam langkahnya.

Dan salah satu cara untuk mengefektifkan pergerakan mahasiswa adalah dengan membentuk aliansi kemahasiswaan. Aliasi yang dimaksud disini adalah kerjasama yang konstruktif antara dua atau lebih organisasi mahasiswa. Dengan membangun kesadaran utuh semua elemen-elemennya, mahasiswa bersama-sama melakukan satu gerakan sinergis yang mengusung isu bersama, dan beratas namakan rakyat. Dengan adanya aliansi kemahasiswaan, mahasiswa menjadi lebih mudah menyatukan barisan sebagai respon dari berbagai isu-isu eksternal kampus. Aliansi kemahasiswaan akan menjadi bentuk kontribusi nyata mahasiswa kepada rakyat dalam menjawab tantangan pergerakan zaman.

Aliansi mahasiswa sangat penting dalam membangun kebersamaan dan solidaritas, sehingga pergerakan mahasiswa menjadi solid dan terfokus pada hal-hal positif. Bentrok antar mahasiswa pun dapat dihindari.(indira)

Advertisements

5 thoughts on “Aliansi Mahasiswa

  1. bagus jg pndapat mu bro tntng kondisi mahasiswa indnesia d jaman skrng nie,pi mslh aliansi mhsswa indnesia tu udah byk,yg q tw da yg nama na FKMPI(forum komunikasi mahasiswa politeknik se-indonesia) maklum bro,awak kan kul d politeknik.EHheheh
    d sini,mhsswa politeknik se-indonesia trgabung d dalm forum tsb,dan jg forum ini mmpunyai strukrural yg baku mlai dr nasional,regioanal,mpek k kmps masing.Prtmuan na hnya 2 x dlm staon,yg d adakan brgantian d seiap kmpz anggota FKMPI,yg tlh d tunjuk pd prtemuan sblum na.YG pst na komunikasi g hny pd prtmuan tu aja,pi jg brklnjutan mgkn mlalui web or tlpon.Dan k kompakan na trliat pd saat da event22 nasional,yg q tw kmren swktu musibah situ gintung,d situ FKMPI mmbuka posko bntuan,yg mN bntuan na tu berasal dr setiap mhssw politeknik.PI kalo bs sih gak hnya forum mhssw politeknik aja,pi forum mhssw se_indonesia..HEhhhe

  2. ya memang udh banyak chen . tapi kan belum mencakup smuanya . .
    hehe idealnya sih smua mhsiswa itu gerakannya sinergis, klo pun ad perbedaan disikapi dgn dwsa dn selayaknya kaum intelektual . .
    skrg kan srg tuh kita dnger bntrok antar mhsswa . apalagi yg di medan . haduu . . cuma skedar pendapat :)

  3. kalo d medan udh g aneh lg,qo kan tau gmn krakter anaq medan,

    skrng nie udh g jmn na lg demo2,otak yg brbicara bkn na otot,pi kalo otak udh g d tnggpin tu otot brbicara,HAhhhaaa

    oia gmn keadaan BEM dkmpus mu..??

  4. di it-telkom sendiri; pergerakan mahasiswa salah kaprah semua. fokus terlalu keluar, sehingga lingkungan sendiri diabaikan. sibuk demo sana-sini, mafia tanah disekitar kampus dibiarkan, mayday ditanggepi malah gaji CS yang tidak rasional diabaikan. Kampus hanya penuh orang oportunis dan aktivis karbitan!

  5. Memang fokusnya terlalu keluar kak, presma periode lalu -yg saya tangkap- ingin menonjolkan nama kampus kita diluaran. Sebenarnya sudah ada bagiannya masing2, yg mengurusi masalah dalam kampus juga ada kok. Misalnya saja pengadaan tong sampah organik/anorganik. Proker kerja BEM merujuk pada aspirasi mahasiswa yg dijaring melalui pekan aspirasi oleh DPM, namun mhasiswanya sendiri kurang antusias.
    Aspirasi kak kunto bs disampaikan ke DPM, tp sy juga kurang tau brp byk aspirasi yg masuk yg sdh direalisasikan.
    Atau kita bisa kritik melalui MASJUR, hehe, biar ada sdkit geliat dikampus kita :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s